Selasa, 13 November 2012

HURUF VOKAL DAN KONSONAN


Huruf Vokal dan Konsonan dalam Bahasa Indonesia

Dalam Bahasa Indonesia, Huruf dibagi menjadi empat kelompok, yakni :

1. Huruf Vokal atau Huruf Hidup
Huruf Vokal adalah bunyi ujaran akibat adanya udara yang keluar dari paru-paru tidak terkena hambatan atau halangan. Jumlah huruf vokal ada 5, yaitu a, i, u, e, dan o.

2. Huruf Konsonan atau Huruf Mati
Huruf Konsonan adalah bunyi ujaran akibat adanya udara yang keluar dari paru-paru mendapatkan hambatan atau halangan. Jumlah huruf konsonan ada 21 buah, yaitu b, c, d, f, g, h, j, k, l, m, n, p, q, r, s, t, v, w, x, y, dan z.

3. Huruf Diftong atau Huruf vokal Rangkap
Huruf diftong adalah gabungan dua buah huruf vokal yang menghasilkan bunyi rangkap. Dalam Bahasa Indonesia huruf diftong berbentuk ai, au, dan oi. Contoh : Bangau, Pakai, Sengau, Perangai, dsb.

4. Huruf Konsonan Rangkap
Gabungan dua huruf konsonan ada 4 buah dalam bahasa indonesia, yaitu : kh, ng, ny, dan sy. Contohnya : nyamuk, syarat, kumbang, khawatir, dsb.

HURUF FONEM
Fonem adalah : merupakan kesatuan bunyi bahasa yang terkecil, sedangkan fungsinya adalah sebagai pembeda makna secara garis besar fonem terbagi dua macam, yaitu yang disebut dengan vokal dan konsonan.
a. Vokal.
Vokal adalah merupakan bunyi yang dihasilkan dengan tanpa hambatan yait pada waktu udara keluar dari paru-paru melalui rongga mulut tanpa mengalami rintangan.
b. Konsonan
Konsona adalah merupakan bunyi bahasa yang dihasilkan dengan mendapat hambatan, yaitu udara yang keluar dari paru-paru mengalami rintangan.
Konsonan dapat dibedakan menjadi 4 yaitu :
- menurut jalannya udara yang keluar dari paru-par.
- Menurut bergetar dan tidaknya pita suara.
- Menurut hambatannya.
- Menurut titik artikulasinya..
Untuk menentukan banyaknya fonem pada suatu kata kita berpedoman pada huruf-huruf yang berdiri sendiri sebagai suatu lambang fonem, ada fonem yang dilambangkan dengan satu huruf, ada pula yang dilambangkan dengan dua huruf.
MORFEM DALAM BAHASA INDONESIA
Morfem adalah satuan bentuk bahasa terkecil yang mempunyai makna dan tidak dapat dibagi atas bagian bermakna yang lebih kecil.
Contoh : Pemuda-pemuda yang jangkung belum berkesempatan mandi.
A. Morfem, morf dan alormof.
Morfem : bentuk-bentuk berulang yang paling kecil beserta artinya.
Morf : Variasi bentuk yang merupakan realisasi dari morfem tertentu.
Olormof : Morf merupakan variasi bnetuk suatu morfem.
B. Morfem terikat.
Morfem terikat ( Bound morpheme ) yaitu potensi untuk berdiri sendiri dan yang selalu terikat dengan morfem lain untuk membentuk ujaran
Contoh : dan ber- me, ,kan, dan sebagainya.
C. Morfem bebas.
Morfem bebas yaitu mofem yang secara potensial dapat berdiri sendiri dalam suatu bangun kalimat.
Morfem mungkin merupakan keseluruhan kata / merupakan bagian daru suat, karena kata itu berdasarkan bentuknya terbagi menjadi kata dasar, berimbuhan, kata ulang dan majemuk.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar